May 30, 2014

Coba-Coba? Bersiaplah Kecewa!

Suatu hari saya dapat curhatan seorang dosen yang mengatakan pusing sekali dengan kelakuan mahasiswa jaman sekarang. Bisa dibilang, mahasiswa sekarang itu termasuk generasi instan. Inginnya dapat kesenangan dengan cepat tanpa mau berusaha keras. Ketika kuliah mengantuk, tapi kalau acara jurusan, senang banget. Mau apa jadinya mereka? nanti bisa kerja? 

Memang dari curhatan ini, saya setuju. Bisa jadi kehidupan yang mereka jalani bukan keinginannya sendiri, ada banyak faktor yang membuat mereka terjebak menjalani sesuatu. Hey, dalam hidup ini tidak seharusnya menyerah, tidak juga coba-coba!
Saya tertampar akhirnya setelah melihat gambar ilustrasi disamping, bahwa rencana kita memang sudah bagus, bisa meraih apa yang kita inginkan, namun dalam kenyataannya nanti, tidak sebagus yang direncanakan, akan banyak rintangan menghadang. Maka sudah siap dengan itu dan mau tetap coba-coba? jalani hidup seperti air mengalir?

Berbicara masalah coba-coba, saya jadi teringat cerita satu lagi, kalau ini tentang perjuangan beasiswa. Di berbagai grup beasiswa, banyak yang mengeluh karena aplikasi beasiswanya itu tidak lolos administrasi. Padahal mereka sudah "merasa" sudah melengkapi semua persayaratan.

Menyikapi hal ini, saya jadi belajar banyak, karena banyak yang memberikan nasihat seharusnya jangan daftar beasiswa berdasarkan coba-coba. Atau kasarannya adalah minta Toleransi, misal, ah nilai Toeflnya sudah cukup kok, ah coba aja deh, dan coba-coba lainnya.,

Hey. tahukah? pendaftar beasiswa itu ribuan? dan dipilih hanya puluhan! masih mau coba-coba. Ayolah, jangan banyak toleransi akan sesuatu. Semua lakukan dengan maksimal! Usaha maksimal!

Semoga ini adalah pengingat pada diri pribadi.

#lama tidak posting rada ngelantur

2 comments:

  1. Kalau saya awalnya coba-coba... Tapi untuk proses tetap usaha maksimal, misal lagi ikut lomba, coba-coba ah kali berhasil! Tapi disamping itu saya mengerahkan kemampuan terbaik... jadi itu sebenarnya 'coba-coba' yang dimaksud bukan? soalnya saya terkadang banyak coba-cobanya dan berhasil sih ^^

    ReplyDelete
  2. Coba2 juga gak salah kok. Pas mencobanya juga tetap sungguh2 kan...

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah berkunjung.Happy Blogging